Ayo gabung bersama

21 December 2008

Diwarnai Demo, Victor Tetap Dilantik


Sandy Ardi - Padang Ekspres

Suara pendemo dari Aliansi Mahasiswa Pasaman Barat Kota Padang tak mengurangi konsentrasi Victor Pakpahan SH MH mengucapkan sumpah jabatannya sebagai Ketua Pengadilan Negeri (PN) Pasaman Barat. Pelantikan yang dipimpin Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Sumbar Soeparno SH tersebut berlangsung lancar, meskipun di luar kantor ruangan sidang utama PT Sumbar, Kamis (18/12) puluhan mahasiswa pendemo tak terima Victor menggantikan Mohd Arsyad Sunsudin SH.

Menjelang pelantikan dan serah terima jabatan, puluhan mahasiswa Pasbar yang menginginkan pembatalan pelantikan tertahan di luar pagar gedung PT Sumbar. Upaya pendemo untuk masuk menggagalkan pelantikan mentah oleh kesiagaan pagar betis satuan Samapta Polda Sumbar yang telah bersiaga sejak pagi.

Karena tak bisa masuk, puluhan mahasiswa sempat men-sweeping setiap mobil yang masuk ke gedung PT Sumbar, berharap bisa menahan Victor Pakpahan. Lagi-lagi aksi tersebut telah terbaca sebelumnya karena Victor telah berada di lantai dua gedung tersebut lengkap dengan toga pelantikannya. Merasa tertipu, sejumlah mahasiswa bersikeras menembus barikade pengamanan.

Lima orang perwakilan mahasiswa yang sempat menembus barikade pengamanan balik kanan setelah aksi tersebut diketahui petugas Intel Polda Sumbar. Setelah diamankan dan diminta meninggalkan areal parkir PT Sumbar, demo hanya berlangsung di luar pagar gedung PT yang tepat berada di depan Mapolda Sumbar. Karena kalah jumlah dan kalah mental, pendemo tertahan di luar pagar gedung PT Sumbar. “Kami hanya ingin menyampaikan aspirasi. Kenapa dilarang,” ujar Koordinator Aliansi Mahasiswa Pasbar Riswandi kepada Padang Ekspres (Group Padang-Today).

"Dalam menjalankan tugasnya nanti ia akan memegang tegus netralitas hukum tanpa memihak agama manapun. Ia menegaskan, masyarakat Pasbar tidak perlu ragu karena ia akan bertindak sesuai dengan koridor hukum yang berlaku. SK MA adalah amanat. Sebagai aparat hukum saya akan mengemban amanah ini dengan sebaik-baiknya,” ujar Victor.

Ketua PT Sumbar Soeparno mengatakan, aksi sebagian masyarakat ini seharusnya tidak terjadi jika mereka memahami hukum. Apalagi pelantikan dan mutasi ini berdasarkan pada track record positif dari Victor. “Mutasi ini telah dipertimbangkan dengan baik. Semuanya didasarkan atas pertimbangan yang matang oleh MA. Seharusnya perbedaan agama tidak perlu dipertentangkan dengan hukum yang sama-sama berpegang teguh dengan kebenaran,” lanjutnya. (*)

sumber : padang-today.com

No comments:

Followers