Ayo gabung bersama

22 December 2008

Tumbuhkan Minat Baca Al-Quran


MTQ ke-4 tingkat Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), dibuka Wakil Gubernur Sumbar Marlis Rahman, Sabtu (20/12) di lapangan Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang. Kegiatan ini diikuti 311 peserta, utusan dari 11 kecamatan se-Kabupaten Pasbar.

Wakil Gubernur Sumbar Marlis Rahman mengatakan MTQ yang dilaksanakan ini bukan hanya sekadar lomba membaca dan seni Al-Quran saja, tetapi juga diharapkan melahirkan dan menciptakan qori dan qoriah terbaik handal, tangguh dan berkualitas.

”Makna MTQ jangan hendaknya dijadikan sebagai tolok ukur keberhasilan di dalam memberikan pendidikan agama pada masyarakat. Tapi MTQ hendaknya dapat dijadikan ajang untuk merenung sejauh mana makna Al-quran dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai yang terkandung dalam Alquran hendaknya dapat dijadikan sebagai sumber inspirasi dalam kehidupan,” ujar Marlis Rahman.

Bupati Pasbar Syahiran mengatakan MTQ ini bukan semata-mata perlombaan mengumandangkan ayat-ayat suci Al-quran semata, tetapi lebih merupakan wujud dari upaya mensyiarkan Islam. ”Kami berkeyakinan dengan mensyiarkan ajaran Al-quran akan mendatangkan rahmat dan berkat dari Allah SWT,” terang bupati.

Dihadiri para pejabat teras Kabupaten Pasbar, antara lain muspida Pasbar, kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Ketua dan anggota Tim Penggerak PKK Kabupaten Pasbar, ninik mamak, tokoh masyarakat dan masyarakat Pasbar. MTQ ke-4 tingkat kabupaten ini, berlangsung tiga hari, mempertandingkan cabang-cabang yakni, tilawah 81 orang, tartil 66 orang, Hifzil 14 orang, Khat 36 orang, MFQ 27 orang (9 regu), khutbah jumat 18 orang (9 regu), MSQ 33 orang (11 regu), Kasidah 18 orang, dan Kitab Standar 18 orang.

sumber : padang-today.com

No comments:

Followers