Ayo gabung bersama

25 April 2006

Sedikit Cerita dari 'GEMA goes to School'

Assalamu'alaikum wr wb
Alhamdulillah keberangkatan GEMA PASBAR akhirnya berjalan dengan lancar. kami berangkat dari Padang sekitar pukul 14.15 menit. Jadwal keberangkatan sebenarnya di set pukul 14.00 wib.kami menggunakan bus PASTRA. Personil yang hadir saat itu berjumlah lebih dari 34 orang tapi yang berangkat berjumlah 34 orang. 18 orang perempuan dan 16 orang laki-laki. Perjalanan yang cukup melelahkan menuju Pasaman Barat Alhamdulillah terobati setelah kami mengadakan Penyuluhan tentang Perguruan Tinggi kepada adik-adik kelas III SLTA di Pasbar.
Tim yang telah dibagi dalam 2 kelompok akhirnya melaporkan bahwa tanggapan dari adik-adik kelas III begitu antusias dengan acara ini dan mereka mengharapkan GEMA PASBAR secara kontinu tetap mengadakan acara seperti ini. Mereka merasa senang dengan kehadiran kakak-kakaknya yang telah kuliah dan memberikan dukungan kepada mereka agar rajin belajar dan dapat kuliah seperti kakak-kakak yang hadir bersama mereka. ada satu hal yang membuat beberapa orang anggota GEMA PASBAR merasa terharu.Bahwa adik-adik yang akan menamatkan studi dari slta tersebut mengharapkan agar kakak-kakaknya membantu mereka nantinya kalau mereka sudah tamat. Sebagian dari mereka berharap apabila mereka ke Padang nanti mereka ingin agar kakak-kakak membantu menampung mereka atau paling tidak membantu mereka untuk mencarikan tempat tinggal. beberapa dari mereka juga berharap agar kalau kakaknya sudah balik lagi ke padang nanti agar mengirimkan buku pembahasan soal-soal spmb. Semua harapan dari adik-adik tersebut menjadi masukan bagi GEMA PASBAR. walaupun dalam bayangan kami sebagai anggota GEMA PASBAR harapan-harapan tersebut bisa jadi terlaksana dengan lancar atau bahkan hanya sebagian saja yang bisa kami penuhi.
secara rinci dalam pelaksanaanya, penyuluhan kemarin kami adakan :

Tim I
Simpang Empat
1. SMUN I Simpang Empat
2. Aula Pemda Pasbar
3. Masjid Istiqomah

Tim II
Ujung Gading
1. SMUN I Lembah Melintang
2. SMKN I Lembah Melintang

Rata-rata kehadiran siswa sekitar 100 orang di masing-masing tempat. Sehingga ada sekitar 500 orang siswa yang berpartisipasi pada acara 'GEMA goes to School' kemarin.Untuk daerah Simpang Empat,kehadiran siswa dari luar Simpang IV sendiri cukup banyak. sementara sangat disayangkan, kehadiran siswa yang berasal dari siswa utusan SMUN I Air Bangis, SMUN I Silaping beserta MAN-nya tidak ada.siswa yang hadir dari luar daerah Ujung Gading yang dipusatkan berkumpulnya di SMKN I Lembah Melintang hanyalah yang berasal dari SMUN I Air Balam.

Sepulang dari penyuluhan ke SMU, personil GEMA Pasbar menyempatkan diri bersilaturrahim dengan bapak Bupati PASBAR. Alhamdulillah beliau menerima kami dengan baik dan menyambut baik acara yang kami lakukan. Beliau juga memberikan bantuan kepada kami, ya alhamdulillah bisa digunakan untuk biaya ongkos perjalanan ke PASBAR. Dari dialog yang kami lakukan beliau berharap agar kami mahasiswa bisa bersikap netral tidak memihak pada orang-orang yang bertujuan menghancurkan PASBAR.
dan merusak sistem yang mulai di perbaiki.beliau mengungkapkan bahwa masih ada orang-orang yang terus merongrong keberadaan Pemerintah Daerah hari ini.
Pada pertemuan ini kami menjelaskan bahwa dalam perjalanannya nanti GEMA PASBAR sendiri akan komitmen di jalur Pendidikan. Bagaimana agar PASBAR nantinya diisi oleh para intelektual-intelektual yang bermoral dan profesional di bidangnya. serta takut dan tunduk pada Allah SWT. Bapak Bupati menantang para personil GEMA Pasbar yang akan tamat untuk membuat Lembaga Bimbel di PASBAR karena saat ini kita masih belum memiliki satupun lembaga Bimbel di Pasbar.dengan tantangan ini, para personil hanya manggut-manggut sambil tersenyum kecil.
Akhirnya pertemuan dengan Bapak Bupati di akhiri karena sudah Magrib dan kamipun akan segera pamit untuk kembali ke Padang.
Dalam Pertemuan ini akhirnya Gema Pasbar dan Bapak Bupati sepakat untuk mengadakan pertemuan antara Pemda (Bupati) dengan Mahasiswa yang ada di Padang dan ini diserahkan kepada GEMA PASBAR untuk mengadakannya. Pertemuan itu sendiri akan di adakan di Padang tanggal 7 Mei 2006 bertempat di Mess Pemda PASBAR jalan Belanti Barat Raya No.4 (belakang Masjid Nurul Haq) Padang . untuk kelanjutan acara tersebut, GEMA PASBAR akan mendiskusikannya nanti di Padang.
(bersambung........)

2 comments:

Anonymous said...

ya, mudah-mudahan saja bang. moga Allah senantiasa memberikan kemampuan kepada kami senua untuk berbuat lebih banyak bagi adik-adik kami.

Anonymous said...

untuk selanjutnya mohon acara ini dibuat semakin merata, artinya daerah-daerah yang sebelumnya tidak tercover oleh acara ini untuk segera di carikan solusinya biar adik-adik di pasaman barat tidak terlalu jauh untuk menjangkau acara tsb. seperti misalnya silaping dan desa baru yang jaraknya lumayan jauh, yang pasti sukses selalu untuk rekan-rekan crew acara ini dan seluruh unsur2 yg mendukungnya. salam dari aman matondang - jakarta

Followers